hambali
PELAJARAN
PRODUKTIF MULTIMEDIA
STANDAR KOMPETENSI
Menggabungkan Teks Ke Dalam Sajian Multimedia
KELAS XI
SEMESTER 3

SMK NEGERI 1 KALITENGAH
Jl. Mahkota No.280
Kalitengah Lamongan
http://www.smk-kalitengah.com
2010
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Nama SMK : SMKN 1
Kalitengah
Mata Pelajaran : Produktif
Multimedia
Kelas / Semester : XI
/ 3
Pertemua ke- :
Alokasi Waktu : 12 X 45
Menit
Standar Kompetensi
|
Menggabungkan
Teks Ke Dalam Sajian Multimedia
|
Kompetensi Dasar
|
Menggunakan software teks
multimedia
|
Indikator
|
·
Menilai
software yang sesuai dan dipilih untuk media yang diperlukan (hard copy atau
screen)
·
Memasukan
dan pengeluaran software yang dipilih ditampilkan dan peralatan fitur program
digunakan secara benar
·
Menyimpan
teks dan dibuka menggunakan format file yang tertentu
|
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran
ini siswa diharapkan mampu mengunakan software
teks multimedia dengan baik dan benar.
B. MATERI PEMBELAJARAN
Pengoperasian
software multimedia
C. METODE PEMBELAJARAN
1. Penugasan
2. Tanya Jawab
3. Simulasi
4. Praktikum di Lab. Komputer
D. Langkah-langkah Pembelajaran
|
||
Ø Kegiatan Awal :
|
||
Menjelaskan
kepada siswa tentang tujuan pembelajaran .
|
||
Ø
Kegiatan Inti :
|
||
· Mengamati proses aktifasi sistem operasi dan soft-ware multimedia
dengan seksama
· Menjalankan software multimedia
· Memanfaatkan menu-menu dan shortcut yang tersedia secara efektif
· Menggunakan fitur pembuatan teks dengan tepat guna
· Mengamati proses penyimpanan file dengan seksama
· Mengidentifikasi menu-menu dan shorcut yang disediakan software
multimedia
· Menjelaskan maksud penyimpanan file dalam format tertentu
· Menyimpan file dengan menggunakan versi dan option atribut yang berbeda
· Menyimpan file dengan menggunakan format yang telah ditentukan
· Membuka file dengan format yang telah ditentukan
|
||
Ø Kegiatan Akhir :
|
||
·
Guru
memberikan penguatan kembali tentang materi yang telah diajarkan.
·
Guru
memberikan tugas kelompok maupun individu
|
||
E. SUMBER
BELAJAR :
- Buku panduan software multimedia
- Manual software multimedia offline
- Manual software multimedia online
- Software multimedia pengolah teks
- Komputer
- Projector
F. PENILAIAN
- Tes tertulis
- Tes Praktik
- Penugasan
Mengetahui,
Kepala SMKN 1
Kalitengah
Drs. Ali Imron
NIP. 19640105 199103 1 003
|
Guru Mata
Pelajaran,
Kurnia Yahya, S.Kom
NIP. 19810401 2009002 1 003
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama SMK : SMKN 1
Kalitengah
Mata Pelajaran : Produktif
Multimedia
Standar Kompetensi : Menggabungkan
Teks Ke Dalam Sajian Multimedia
Kelas / Semester : XI
/ 3
Pertemua ke- :
Alokasi Waktu : 42 X 45
Menit
Standar Kompetensi
|
Menggabungkan
Teks Ke Dalam Sajian Multimedia
|
Kompetensi Dasar
|
Mendesain
teks multimedia
|
Indikator
|
·
Menciptakan
teks yang menggabungkan prinsip-prinsip typografi dengan menggunakan software
yang telah dipilih
·
Mengidentifikasi
dan mendiskusikan permasalahan huruf elektronik termasuk Multiple Masters,
jenis huruf dan True Type Teks diedit (ditekankan dan ditambahkan) dan
disimpan dengan menggunakan software yang telah dipilih
·
Menggabungkan
elemen teks ke dalam rangkaian multimedia yang telah dipilih
·
Menguji
teks dan dijalankan sebagai bagian dari tampilan multimedia
·
Mempublikasikan
teks secara elektronik sesuai dengan pekerjaan yang dilaksanakan
|
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini siswa
diharapkan mampu:
- Menciptakan teks yang menggabungkan prinsip-prinsip typografi dengan menggunakan software yang telah dipilih
- Mengabungkan elemen teks kedalam sajian multimedia
- Mempeblikasikan teks secara elektronik sesuai dengan pekerjaan yang dilakukan
B. MATERI PEMBELAJARAN
- Prinsip-prinsip tipografi
- Pembuatan teks untuk keperluan multimedia
C. METODE PEMBELAJARAN
1. Tutorial
2. Tanya Jawab
3. Simulasi
4. Praktikum di Lab. Komputer
D. Langkah-langkah Pembelajaran
|
||
Ø
Kegiatan Awal :
|
||
Menjelaskan
kepada siswa tentang tujuan pembelajaran .
|
||
Ø
Kegiatan Inti :
|
||
· Memilih software multimedia sesuai
dengan kebutuhan
· Mengoperasikan software multimedia
sesuai dengan prosedur secara benar
· Mengidentifikasi menu dan tools yang
digunakan untuk membuat teks dengan cermat
· Membuat teks sesuai dengan media
yang akan digunakan
· Menerapkan prinsip-prinsip
tipografi dalam membuat teks dengan benar
· Mengidentifikasi dan mendiskusikan
kemungkinan permasalahan yang timbul jika terjadi kesalahan dalam pemilihan
jenis huruf dengan benar
· Mengidentifikasi dan mendiskusikan
kemungkinan permasalahan yang timbul jika terjadi kesalahan dalam pemilihan
warna latar belakang (background) dan warna latar depan (foreground) dengan
benar
· Menerapkan fitur-fitur yang
tersedia untuk pembuatan teks dengan benar
· Menambahkan efek-efek dalam
penciptaan teks sesuai dengan kebutuhan
· Melakukan uji tayang hasil
pembuatan teks
· Menyimpan hasil ke dalam format
yang telah ditentukan
· Menggabungkan hasil pembuatan teks
ke rangkaian multimedia yang terpilih
· Melakukan uji tayang hasil
penggabungan
· Melakukan pembetulan teks jika
diperlukan
· Mempublikasikan hasil penggabungan
secara elektronik sesuai dengan tujuan
·
Mematikan
software multimedia sesuai prosedur
|
||
Ø
Kegiatan Akhir :
|
||
·
Guru
memberikan penguatan terhadap materi yang teah diajarkan
·
Penugasan
·
Penutup
|
||
E. SUMBER BELAJAR :
- Buku tutorial software multimedia
- Tutorial software multimedia online
- Software multimedia pengolah teks
- Komputer
- ProjectorF. PENILAIAN
Teknik
Penilaian
|
Materi
|
Hasil
Kerja
|
Karta
Teks
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar